Berita seputar pernikahan islam indonesia, pencatatan nikah, undang-undang perkawinan, kepenghuluan, simkah, fiqh munakahat, kantor urusan agama

Berita seputar pernikahan islam indonesia, pencatatan nikah, undang-undang perkawinan, kepenghuluan, simkah, fiqh munakahat, kantor urusan agama

Mengatasi eror internal firebird consistency check pada simkah

Salam SIMKAH..!!
Para pengguna simkah yang penuh semangat, saat kita sedang mengerjakan tugas entry data nikah sering kali kita jumpai eror pada aplikasi simkah sehingga pekerjaan kita menjadi tertunda.
Bagi operator simkah pemula tentu saja eror-eror yang terjadi sering membuat frustasi karena bingung tidak tahu bagaimana cara mengatasinya. Sementara masyarakat menuntut pelayanan yang cepat. 
Tapi, bagi operator yang sudah menguasai simkah, yaitu mereka yang sudah masuk level mahir, yang dalam dunia persimkahan dikenal dengan sebutan "remoter" menghadapi eror aplikasi sudah hal biasa dan justru menjadi tantangan tersendiri untuk mengatasinya. Menjadi kebahagiaan tersendiri ketika berhasil mengatasi eror tersebut.
Kali ini pernikahan.info akan berbagi trik bagaimana cara mengatasi eror pada simkah dengan pesan eror berbunyi : "internal firebird consistency check (can't continue after bugcheck)"
eror aplikasi simkah ini disebabkan oleh database simkah (simkah.gdb) yang bermasalah. sehingga, solusinya adalah melakukan perbaikan database simkah.

Yang harus anda siapkan adalah
  1. Simkah.gdb yang bermasalah
  2. Aplikasi (utility) untuk memperbaiki database simkah, yaitu fixsimkahgdb.exe dapat di download disini

Langkah-langkah perbaikan :
  1. Tutup aplikasi simkah
  2. Jalankan aplikasi fixsimkahgdb.exe
  3. Arahkan lokasi database pada file simkah.gdb yang bermasalah.
  4. Klik pada tombol perbaikan
  5. Tunggu hingga proses perbaikan selesai, ditandai dengan indikator proses yang berhenti.
  6. Klik keluar
  7. Jalankan ulang simkah
Selamat berkerja...!!
Tag : simkah
0 Komentar untuk "Mengatasi eror internal firebird consistency check pada simkah"

Back To Top