Berita seputar pernikahan islam indonesia, pencatatan nikah, undang-undang perkawinan, kepenghuluan, simkah, fiqh munakahat, kantor urusan agama

Berita seputar pernikahan islam indonesia, pencatatan nikah, undang-undang perkawinan, kepenghuluan, simkah, fiqh munakahat, kantor urusan agama

Gratis Penerbitan Duplikat Buku Nikah, ini langkahnya

Buku nikah atau surat nikah atau disebut juga dengan Kutipan Akta Nikah adalah salinan akta otentik pernikahan yang tersimpan di KUA kecamatan. Buku nikah berlaku seumur hidup, berbeda dengan surat Ijin Mengemudi (SIM). Seumur hidup bisa juga dikatakan seumur perkawinan karena bila terjadi perceraian maka buku nikah sudah tidak berlaku lagi. Ketika perkawinan langgeng, maka massa berlaku buku nikah hingga salah satu meninggal dunia.

Meskipun berlaku seumur hidup bukan berarti buku nikah tidak bisa diperbaharui. Ada beberapa sebab yang menjadikan buku nikah bisa diperbaharui. Pembaharuan buku nikah ini disebut dengan pembuatan duplikat buku nikah. Duplikat buku nikah berisikan data yang sama persis dengan buku nikah yang lama, yang berbeda adalah tanggal dikeluarkannya buku tersebut dan pejabat yang menandatanganinya. Buku nikah bisa diterbitkan duplikatnya dengan dua sebab yaitu sebab hilang dan rusak. 

Buku nikah dikatakan rusak apabila :
  1. Buku nikah rusak, tidak utuh, robek yang mengakibatkan data yang tercantum di dalmnya tidak lengkap.
  2. Tulisan sudah tidak bisa dibaca meskipun bukunya masih dalam keadaan baik.
  3. Terdapat coretan atau tambahan data pada biodata yang tercantum di buku nikah yang dilakukan secara tidak resmi yang merubah biodata aslinya.
Prosedur penerbitan duplikat buku nikah adalah sebagai berikut :

Penerbitan Dupikat Buku Nikah karena hilang:
  1. Membuat surat keterangan kehilangan buku nikah dari kepolisian. Dalam surat kehilangan tersebut mencantumkan nomor akta nikah, tanggal nikah dan KUA yang mengeluarkan.
  2. Surat kehilangan dari kepolisian tersebut dibawa ke KUA yang mengeluarkan buku nikah untuk dibuatkan duplikatnya. Selain KUA yang mengeluarkan tidak dapat membuatkan duplikat buku nikahnya karena akta nikahnya tercatat dan tersimpan di KUA yang mengeluarkan buku nikah tersebut.
  3. Siapkan pas foto berwarna ukuran 2x3, background biru sebanyak 2 lembar untuk masing-masing suami/istri yang akan ditempelkan di duplikat buku nikah.
Penerbitan Duplikat Buku Nikah karena rusak :
  1. Membuat surat pengantar penerbitan duplikat buku nikah dari desa/kelurahan sesuai domisili. Memuat nomor akta nikah dan tanggal pernikahan.
  2. Surat pengatar pembuatan duplikat buku nikah beserta buku nikah yang rusak dibawa ke KUA yang mengeluarkan untuk dibuatkan duplikatnya.
  3. Siapkan pas foto berwarna ukuran 2x3, background biru sebanyak 2 lembar untuk masing-masing suami/istri yang akan ditempelkan di duplikat buku nikah.
Pelayanan penerbitan duplikat buku nikah di KUA adalah GRATIS tidak dipungut biaya sepeserpun. Bila ada petugas KUA yang meminta biaya administrasi dipastikan itu adalah biaya tidak resmi atau pungli.

Lamanya penerbitan duplikat buku nikah tergantung kondisi KUA yang akan mengeluarkan duplikatnya. Pejabatnya sedang ada di kantor atau dinas luar, data akta nikahnya sudah ditemukan atau belum, petugas yang biasa mencetak/menulis buku nikah sedang sibuk atau tidak. Paling cepat penerbitan duplikat buku nikah adalah 30 menit. Paling lama bisa berhari-hari tergantung kondisi diatas tadi.
Tag : Prosedur
53 Komentar untuk "Gratis Penerbitan Duplikat Buku Nikah, ini langkahnya"

Maaf saya mau nanya kenapa mbak saya minta duplikat buku nikah di haruskan membayar uang 50000 dan uang matre 20000 total 70000.
Untuk pengaduan seperti itu mohon maaf saya harus mengadukan petugas kua kesiapa

Min.
Jika arsip di KUA itu sendiri sudah hilang,gimana caranya min.?
Masa iya orang tua saya di suruh nikah lagi,kan yang ngilangin arsip nya bukan saya tapi orang KUA itu sendiri.
Fast respon min soal nya penting

Min.
Jika arsip di KUA itu sendiri sudah hilang,gimana caranya min.?
Masa iya orang tua saya di suruh nikah lagi,kan yang ngilangin arsip nya bukan saya tapi orang KUA itu sendiri.
Fast respon min soal nya penting

hari ini saya baru saja mengurus duplikat akta nikah milik org tua saya di KUA grogol petamburan,dari pihak KUA mengenakan biaya 200rb,katanya biaya untuk penerbitan buku duplikat nya,klo berarti ini termasuk PUNGLI juga ,tuk melaporkan nya kemana ya???

This comment has been removed by a blog administrator. - Hapus

untuk pengaduan masyarakat terkait layanan di KUA silahkan ke link berikut :
http://bimasislam.kemenag.go.id/site/layanan-masyarakat/pengaduan-masyarakat-kua

Jika data pernikahan tidak diketemukan di KUA, maka pernikahannya harus ditetapkan (Itsbat Nikah) oleh Pengadilan Agama (PA) yang mewilayahi tempat tinggal pemohon. bila sudah keluar putusan Pengadilan terkait penatapan status nikah, KUA yang ditunjuk akan mencatatnya dalam daftar akta nikah dan akan dikeluarkan buku kutipan akta nikah (Buku Nikah).

silahkan diadukan ke sini
http://bimasislam.kemenag.go.id/site/layanan-masyarakat/pengaduan-masyarakat-kua

Jika tidak punya foto suami gmn

buku nilah kami di keluarkan di kua jaw min...skrang kami tinggal di kalimantan...buku nikah nya rusak..apa kami harus kembali lagi di kaua jawa untuk buat duplikat nya....apa ngak bisa di kua di domisili kami sekarang??

Pengeluaran buku nikah pengganti (Duplikat) tentu harus di tempat KUA awal menikah, tidak bisa di KUA tempat domisili karena berkaitan dengan sumber data (akta nikah) asli yang hanya dimiliki oleh KUA tempat menikah.

saya mau bikin akte lahir anak sy yang ke-3. di kelurahan diminta copy buku nikah. sejak anak pertama buku nikah tsb sy scan untuk arsip. sy scan hanya di halaman kutipan akta nikah saja. pihak kelurahan minta copy yang lengkap. naahh... mslhnya adalah buku nikah kami hilang entah kemana. sy sdh cari seisi rumah hasilnya nihil. sy coba cari http://simkah.kemenag.go.id hasilnya nihil juga. datanya tidak ada. mohon pencerahannya miinn. makasih

Jika tidak ada foto suami gimana ya ?? Mohon respon karena sangat penting

@alex Aftha, untuk buku nikah yang hilang bisa dimintakan duplikat buku nikah di KUA tempat menikah dengan membawa surat keterangan kehilangan dari kepolisian.
untuk data nikah yang tidak bisa dilihat di simkah.kemenag.go.id/infonikah dikarenakan kua tersebut belum menginput datanya dalam aplikasi simkah. datanya ada dan masih tersimpan dalam bentuk akta hardcopy. silahkan kontak ke kua yang bersangkutan.

untuk membuat duplikat buku nikah tetapi tidak disertai foto, sebenarnya tidak masalah. akan tetapi untuk kesempurnaan identitas dalam buku nikah mestinya disertai foto suami dan istri. karena foto termasuk dalam data identitas suami/istri. bila suami/istri sudah meninggal tidak disertai foto mestinya tidak apa-apa. akan tetapi bila keduanya masih hidup sebaiknya disertakan foto masing-masing.

Malam admin...

Saat ini saya lg mau ngurus duplikat buku nikah saya tp saya tdk jadi mengurusnya karena saya di mintain biaya 4.500.000 hanya untuk menerbitkan duplikatnya saja...untuk masalah ini saya mohon solusi dari admin

Kalo mau minta surat pengantar untuk penerbitan duplikat buku nikah apakah ke kelurahan pada saat kita menikah atau ke kelurahan domisili saat ini min ?
Soalnya sudah pindah domisili ..
Mohon jawabannya . Terimakasih .

Kalo mau minta surat pengantar untuk penerbitan duplikat buku nikah apakah ke kelurahan pada saat kita menikah atau ke kelurahan domisili saat ini min ?
Soalnya sudah pindah domisili ..
Mohon jawabannya . Terimakasih .

Buku nikah saya salah cetak nama min dan kata banyak orang untuk benerin nama harus sidang di pengadilan agama . Apa itu benar min...? Apa gak ada cara lain? Mhon pnjelasan trimakasih...

Buku nikah saya salah cetak nama min dan kata banyak orang untuk benerin nama harus sidang di pengadilan agama . Apa itu benar min...? Apa gak ada cara lain? Mhon pnjelasan trimakasih...

Teman ku udah pisah 12 tahun .
buku nikah ny udah di bawa sama mamtan istri nya terus dia ngurus di kepolisian meminta surat kehilangan sesudah itu dia ngurus ke KUA terus apakah diberi duplikat nikah nya cepat dan ngurus percerai an nya cepat mohon jawaban nya ? Makasih

kok mantan istri? apakah sudah bercerai? bila sudah diceraikan oleh suami, tinggal ambil putusannya saja (akta cerai) di PA. saat pengambilan akan diminta buku nikah yang asli. bila buku nikah yang asli hilang atau rusak harus dibuat duplikatnya.
bila belum bercerai (dicerai) untuk proses pendataran gugatan perceraiannya butuh buku nikah asli atau duplikatnya.

Bagaimana apabila buku nikah saya hilang dan saya sekarang tinggal di kota yg berbeda dengan tempat pernikahan saya di daftarkan, apakah saya bisa mendapatkan duplikat nya di kua tempat domisili saya saat ini?

Min kalo buku nikah saya di maling sama bekas istri mau urus surat cerai jd nya susah karena dia kabur ngebabu di hongkong saya mau urus surat cerai jadi mesti buat duplikat surat nikah lagi,,, kita baik nya ngo ke kua nya bikin surat duplikat itu untk surat cerai

Kita klo ngo mau bikin surat cerai dapet buku nikah duplikat atau hanya selmbar kertas pernyataan resmi aja dr kua,,,

Min mau tanya, bisakah Nama dan Tgl lahir buku nikah dirubah? Soalnya Nama dan Tanggal d Ktp dan kk tdk sma dgn Nama dan tanggal dibuku nikah,, terima kasih

perubahan biodata yang ada dalam buku nikah / akta nikah harus melalui putusan pengadilan. bila sudah ada putusan pengadilan maka KUA akan memberi catatan pada buku nikah terkait perubahan biodata tersebut

buat duplikat buku nikah untuk keperluan gugatan perceraian di KUA yang mengeluarkan buku nikah. bila buku dianggap hilang maka perlu surat keterangan kehilangan dari kepolisian.

pembuatan duplikat buku nikah yang hilang atau rusak hanya bisa dilakukan di KUA yang mencatat / mengeluarkan buku nikah pertama kali.

Saya telah kehilangan buku nikah,lalu saya mencari duplikatnya di KUA setempat tidak di temukan,padahal syarat-syaratnya sudah lengkap,namun di KUA tidak di temukan duplikatnya.
Pertanyaan saya,bagaimana cara mendapatkan buku nikah itu.

Bila masih punya fotocopy buku nikahnya bisa ditunjukkan ke petugas KUA agar mudah menemukan Akta Nikah yang tersimpan di KUA. tentu saja di KUA tempat menikah dulu bukan KUA yang lain.
bila ternyata data yang terdapat dalam buku nikah tidak tercatat (tidak ditemukan)di KUA yang tertulis di buku nikah, bisa jadi buku nikah anda PALSU / ASPAL (aseli tapi Palsu).

Klo mau ganti nama di buku nikah gimana min, istri om saya di buku nikah menggunakan nama kecil. jadi nama di ktp dan kk tidak sama dgn di buku nikah. Sementara ktp dan kk riau dulu nikah di jogja.
Gimana ngurusnya min..
Makasih

ajukan perubahan nama yang ada di Buku Nikah (disesuaikan dengan KTP) di Pengadilan Agama sesuai domisili. bila sudah keluar putusan perubahan nama dari PA selanjutnya hasil putusan dan buku nikah aseli dibawa ke KUA tempat dulu menikah (jogja) untuk ditambahkan keterangan perubahan namanya.

Buku nikah hilang dan tidak ada duplikatnya di kua tempat kami menikah, jika kami ingin bercerai bagaimana proses nya. Mohon jawabannya terimakasih

untuk proses perceraian dibutuhkan buku nikah aseli, bila hilang harus dibuat duplikatnya di KUA tempat menikah dulu (yang mengeluarkan).
bila data pernikahan tidak ditemukan di KUA tempat menikah sesuai yang ada di buku nikah, berarti buku nikah tersebut palsu.

Gimna klo nama n tgl lahir yg ada di buku nikah berbeda dengan yg ada di akta kelahiran n ijasah

Tolong dibantu ya mas/mba admin

1.nama orang tua di buku nikah kurang satu huruf
2.foto saya dan istri sudah tidak bisa dikenali(luntur)
Mohon pencerahannya,apakah harus ke pengadilan agama?

Bersyukur menemukan artikel ini. Mohon maaf sebelumnya kalau merepotkan. Setelah menikah, baru akhir-akhir ini saya melihat isi buku nikah saya dan ternyata ada beberapa kesalahan. Penulisan alamat mempelai wanita ada yang salah, begitu pula di NIK wali nikah (untuk nama/NIK/tanggal lahir mempelai pria dan wanita benar, nama wali nikah dan bapak kedua mempelai juga benar). Selain itu, saya kurang tahu ini berpengaruh besar atau tidak, penulisan gelarnya salah, suami saya harusnya S.T. (Sarjana Teknik) tapi tertulis Ir.. Kira2 kalau seperti itu harus lewat pengadilan agama atau memakai duplikat buku nikah saja ya? Terima kasih.

data selain nama, tempat dan tanggal lahir dan nama orang tua bila terjadi kekeliruan, tidak dirubah juga tidak mengapa karena datanya dinamis, sering berubah. dan ini tidak mempengaruhi legalitas buku nikah. terkait tambahan gelar di nama, saya sendiri memilih tidak mencantumkan karena gelar termasuk data yang mudah berubah.
dalam kasus ibu dimana terdapat kesalahan penulisan gelar menurut saya, selama tidak ada masalah dalam mengurus administrasi yg berkaitan dengan buku nikah, tidak perlu dirubah tidak apa-apa. tetapi bila memang menghendaki untuk dirubah sebaiknya ke Pengadilan Agama karena data yang dirubah termasuk bagian nama.
pembuatan duplikat, bila data di akta nikah KUA keliru, duplikatnya tetap akan keliru juga.

Maaf gimana kalo dari KUA TIDAK MAU mengeluarkan duplikat buku nikah.. Malah pihak dari Kua mengatakan bahwa tahun 2017 tidak mengeluarkan duplikat buku nikah.. Saran dari kaliannya gimana ya.. Soallnya mau mengurusi surat cerai buku nikah di bawa kabur sang istr.. Jadi yg diperlukan duplikat.. Duplikat orang KUA TIDAK MAU MENGELUARKAN

saya sedang membuat duplikat surat nikah di haruskan membayar 500rb ... tapi setelah 3 minggi bolakbalok ke kantor agama buku nikah tidak ada..itu gimana

syarat pembuatan buku nikah adalah buku nikah lama rusak atau hilang. bila buku nikah dibawa kabur isteri itu tidak termasuk kedalam dua syarat untuk bisa dibuat duplikat buku nikahnya, karena buku nikahnya masih ada hanya dibawa kabur istri. sehingga wajar KUA menolak membuatkan duplikat buku nikahnya.
anda bisa saja membuat laporan ke Kepolisian terkait buku nikah tersebut. coba gunakan laporan ke kepolisian itu untuk mengurus duplikat buku nikah.

Sudah mengurusi di kantor polisi... Tetepi dari pihak KUA mengatakan bahwa di tahun 2017 tidak mengeluArkan duplikat... Istri kabur sudah selama 2 tahun.. Saya mau mengurusi surat cerai tidak bisa karna slma 2 tahun dia kabur tak berkabar.. Saran dari anda gimana ya.

Klu buat buku nikah baru kena biyaya tidak ya.mksh atas penjelasan y.

Saya ingin membuat duplikat buku nikah tapi di minta uang 300.000rupiah...dengan dalih blanko buku nikahnya harus di diambil dijakarta... Uang itu hanya untuk penggantian ongkos mengambila blanko buku nikah di jakarta... Apa ini pungli lagi? Saya berdomisili di bandung tepatnya di kecamatan buah batu bandung

tidak ada regulasi yang melarang untuk membuat duplikat buku nikah pada tahun 2017 selama syarat pembuatan duplikat terpenuhi yaitu buku hilang atau rusak.
Bila ada layanan KUA yang mengecewakan anda silahkan diadukan ke kemenag melalui link berikut : http://simkah.kemenag.go.id/dumaskua/

Semua layanan KUA GRATIS kecuali nikah di luar kantor atau diluar hari kerja dan jam kerja, sebesar Rp.600.000,-
bila ada pungutan oleh petugas KUA di KUA (bila di luar kantor bisa jadi dilakukan oleh modin atau biro jasa, mereka tidak termasuk pegawi KUA) lebih dari itu atau selain untuk keperluan itu, aadalah pungli. silahkan melapor ke kementerian agama melalui link berikut :
http://simkah.kemenag.go.id/dumaskua/

Saya menikah tanggal 26/08/2017 dan dalam penulisan wali dan nama saya salah, bisakah saya mengurus buku nikah baru

Sebelum menikah pastinya sudah dilakukan pemeriksaan berkas dan persyaratan nikah, kesalahan tidak akan terjadi bila sebelumnya, telah dilakukan crosscheck data dengan kedua mempelai dan wali nikah. bila kesalahan penulisan berasal dari KUA yang kurang teliti atau teledor, mestinya KUA siap memperbaiki buku nikah yang keliru tadi dengan buku nikah yang baru.

Selamat Sore Min,saya ingin konsultasi.Dulu saya dan istri menikah di KUA Jagakarsa pada tanggal 02 Mei 2010 seminggu kemudian saya kembali ke tempat tersebut untuk mengambil buku nikah,setelah beberapa tahun saya baru menyadari ternyata buku nikah yang saya terima diterbitkan oleh KUA Tamansari bukan oleh KUA Jagakarsa,isi buku nikah sesuai dengan identitas saya tetapi pada tanggal pernikahan terdapat perbedaan.Mohon sarannya ya!!!!

sebaiknya anda konfirmasi ke KUA Tamansari terkait buku Nikah yang dikeluarkannya. Terutama pada adanya perbedaan tanggal penikahan, agar tidak menimbulkan permasalahan di kemudian hari

kalau yang dimaksud buku nikah baru adalah duplikat tentu tidak ada biayanya, bila dimintai biaya itu dipastikan adalah pungli.

Back To Top