Gratis Penerbitan Duplikat Buku Nikah, ini langkahnya

Buku nikah atau surat nikah atau disebut juga dengan Kutipan Akta Nikah adalah salinan akta otentik pernikahan yang tersimpan di KUA kecamatan. Buku nikah berlaku seumur hidup, berbeda dengan surat Ijin Mengemudi (SIM). Seumur hidup bisa juga dikatakan seumur perkawinan karena bila terjadi perceraian maka buku nikah sudah tidak berlaku lagi. Ketika perkawinan langgeng, maka massa berlaku buku nikah hingga salah satu meninggal dunia.

Meskipun berlaku seumur hidup bukan berarti buku nikah tidak bisa diperbaharui. Ada beberapa sebab yang menjadikan buku nikah bisa diperbaharui. Pembaharuan buku nikah ini disebut dengan pembuatan duplikat buku nikah. Duplikat buku nikah berisikan data yang sama persis dengan buku nikah yang lama, yang berbeda adalah tanggal dikeluarkannya buku tersebut dan pejabat yang menandatanganinya. Buku nikah bisa diterbitkan duplikatnya dengan dua sebab yaitu sebab hilang dan rusak. 

Buku nikah dikatakan rusak apabila :
  1. Buku nikah rusak, tidak utuh, robek yang mengakibatkan data yang tercantum di dalmnya tidak lengkap.
  2. Tulisan sudah tidak bisa dibaca meskipun bukunya masih dalam keadaan baik.
  3. Terdapat coretan atau tambahan data pada biodata yang tercantum di buku nikah yang dilakukan secara tidak resmi yang merubah biodata aslinya.
Prosedur penerbitan duplikat buku nikah adalah sebagai berikut :

Penerbitan Dupikat Buku Nikah karena hilang:
  1. Membuat surat keterangan kehilangan buku nikah dari kepolisian. Dalam surat kehilangan tersebut mencantumkan nomor akta nikah, tanggal nikah dan KUA yang mengeluarkan.
  2. Surat kehilangan dari kepolisian tersebut dibawa ke KUA yang mengeluarkan buku nikah untuk dibuatkan duplikatnya. Selain KUA yang mengeluarkan tidak dapat membuatkan duplikat buku nikahnya karena akta nikahnya tercatat dan tersimpan di KUA yang mengeluarkan buku nikah tersebut.
  3. Siapkan pas foto berwarna ukuran 2x3, background biru sebanyak 2 lembar untuk masing-masing suami/istri yang akan ditempelkan di duplikat buku nikah.
Penerbitan Duplikat Buku Nikah karena rusak :
  1. Membuat surat pengantar penerbitan duplikat buku nikah dari desa/kelurahan sesuai domisili. Memuat nomor akta nikah dan tanggal pernikahan.
  2. Surat pengatar pembuatan duplikat buku nikah beserta buku nikah yang rusak dibawa ke KUA yang mengeluarkan untuk dibuatkan duplikatnya.
  3. Siapkan pas foto berwarna ukuran 2x3, background biru sebanyak 2 lembar untuk masing-masing suami/istri yang akan ditempelkan di duplikat buku nikah.
Pelayanan penerbitan duplikat buku nikah di KUA adalah GRATIS tidak dipungut biaya sepeserpun. Bila ada petugas KUA yang meminta biaya administrasi dipastikan itu adalah biaya tidak resmi atau pungli.

Lamanya penerbitan duplikat buku nikah tergantung kondisi KUA yang akan mengeluarkan duplikatnya. Pejabatnya sedang ada di kantor atau dinas luar, data akta nikahnya sudah ditemukan atau belum, petugas yang biasa mencetak/menulis buku nikah sedang sibuk atau tidak. Paling cepat penerbitan duplikat buku nikah adalah 30 menit. Paling lama bisa berhari-hari tergantung kondisi diatas tadi.

103 comments for "Gratis Penerbitan Duplikat Buku Nikah, ini langkahnya"

  1. Maaf saya mau nanya kenapa mbak saya minta duplikat buku nikah di haruskan membayar uang 50000 dan uang matre 20000 total 70000.
    Untuk pengaduan seperti itu mohon maaf saya harus mengadukan petugas kua kesiapa

    ReplyDelete
    Replies
    1. silahkan diadukan ke sini
      http://bimasislam.kemenag.go.id/site/layanan-masyarakat/pengaduan-masyarakat-kua

      Delete
    2. saya mau tanya pa,pemecahan masalah nya seperti apa,ibu saya menikah skitar tahun 2002.di urus petugas KUA cidadap (kota bandung).bernama bpk akang muhtar.sampai detik ini buku nikah orang tua sy blm ada.di urus ke KUA cidadap,proses sangat ribet.sedangkan persyaratan dll di bawa oleh bpk akang muhtar tersebut(berkas asli)sehingga orang tua saya tidak punya berkas apapun.mohon pencerahan nya pa.krn kami merasa di tipu oleh oknum yg bernama bpk akang muhtar tersebut.org nya tdk bs d hub,di cari katanya sdh tdk d KUA cidadap lg.trims.no sy +6281394286656

      Delete
    3. masih mending segitu. coba aja saya di pinta 300000 sama petugas nya. semua udah bekas coretan di buku nikah nya yg bner cuma potonya aja. kalau seperti itu saya harus bagai mana dan melapor ke siapa? lokasi kua nya di kec. banjar pandeglang banten

      Delete
    4. Min..mertua saya menikah tahun 70an..punya buku nikah..tapi skrg hilang..copynya pun tak ada..data di KUA tempat dulu menikah juga sudah tidak ada..bagaimana cara mengurusnya..apa harus Isbat..kl harus apa bisa di pengadilan agama tempat domisili skrg..atau harus ke pengadilan agama kabupaten tempat mertua saya dulu menikah

      Mohon infonya min
      Terima kasih

      Delete
    5. Kalo perbaiki tanggal pernikahan? Bisa enggak sih?

      Delete
  2. hari ini saya baru saja mengurus duplikat akta nikah milik org tua saya di KUA grogol petamburan,dari pihak KUA mengenakan biaya 200rb,katanya biaya untuk penerbitan buku duplikat nya,klo berarti ini termasuk PUNGLI juga ,tuk melaporkan nya kemana ya???

    ReplyDelete
    Replies
    1. untuk pengaduan masyarakat terkait layanan di KUA silahkan ke link berikut :
      http://bimasislam.kemenag.go.id/site/layanan-masyarakat/pengaduan-masyarakat-kua

      Delete
    2. aku jg sama problemnya, malah aku 250rb
      aku buka websitenya kok putih yaa, giliran yg pengaduan umum bsa dbuka

      Delete
  3. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  4. Jika data pernikahan tidak diketemukan di KUA, maka pernikahannya harus ditetapkan (Itsbat Nikah) oleh Pengadilan Agama (PA) yang mewilayahi tempat tinggal pemohon. bila sudah keluar putusan Pengadilan terkait penatapan status nikah, KUA yang ditunjuk akan mencatatnya dalam daftar akta nikah dan akan dikeluarkan buku kutipan akta nikah (Buku Nikah).

    ReplyDelete
  5. Jika tidak punya foto suami gmn

    ReplyDelete
  6. buku nilah kami di keluarkan di kua jaw min...skrang kami tinggal di kalimantan...buku nikah nya rusak..apa kami harus kembali lagi di kaua jawa untuk buat duplikat nya....apa ngak bisa di kua di domisili kami sekarang??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pengeluaran buku nikah pengganti (Duplikat) tentu harus di tempat KUA awal menikah, tidak bisa di KUA tempat domisili karena berkaitan dengan sumber data (akta nikah) asli yang hanya dimiliki oleh KUA tempat menikah.

      Delete
  7. saya mau bikin akte lahir anak sy yang ke-3. di kelurahan diminta copy buku nikah. sejak anak pertama buku nikah tsb sy scan untuk arsip. sy scan hanya di halaman kutipan akta nikah saja. pihak kelurahan minta copy yang lengkap. naahh... mslhnya adalah buku nikah kami hilang entah kemana. sy sdh cari seisi rumah hasilnya nihil. sy coba cari http://simkah.kemenag.go.id hasilnya nihil juga. datanya tidak ada. mohon pencerahannya miinn. makasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. @alex Aftha, untuk buku nikah yang hilang bisa dimintakan duplikat buku nikah di KUA tempat menikah dengan membawa surat keterangan kehilangan dari kepolisian.
      untuk data nikah yang tidak bisa dilihat di simkah.kemenag.go.id/infonikah dikarenakan kua tersebut belum menginput datanya dalam aplikasi simkah. datanya ada dan masih tersimpan dalam bentuk akta hardcopy. silahkan kontak ke kua yang bersangkutan.

      Delete
  8. Jika tidak ada foto suami gimana ya ?? Mohon respon karena sangat penting

    ReplyDelete
    Replies
    1. untuk membuat duplikat buku nikah tetapi tidak disertai foto, sebenarnya tidak masalah. akan tetapi untuk kesempurnaan identitas dalam buku nikah mestinya disertai foto suami dan istri. karena foto termasuk dalam data identitas suami/istri. bila suami/istri sudah meninggal tidak disertai foto mestinya tidak apa-apa. akan tetapi bila keduanya masih hidup sebaiknya disertakan foto masing-masing.

      Delete
  9. Malam admin...

    Saat ini saya lg mau ngurus duplikat buku nikah saya tp saya tdk jadi mengurusnya karena saya di mintain biaya 4.500.000 hanya untuk menerbitkan duplikatnya saja...untuk masalah ini saya mohon solusi dari admin

    ReplyDelete
  10. Kalo mau minta surat pengantar untuk penerbitan duplikat buku nikah apakah ke kelurahan pada saat kita menikah atau ke kelurahan domisili saat ini min ?
    Soalnya sudah pindah domisili ..
    Mohon jawabannya . Terimakasih .

    ReplyDelete
  11. Kalo mau minta surat pengantar untuk penerbitan duplikat buku nikah apakah ke kelurahan pada saat kita menikah atau ke kelurahan domisili saat ini min ?
    Soalnya sudah pindah domisili ..
    Mohon jawabannya . Terimakasih .

    ReplyDelete
  12. Buku nikah saya salah cetak nama min dan kata banyak orang untuk benerin nama harus sidang di pengadilan agama . Apa itu benar min...? Apa gak ada cara lain? Mhon pnjelasan trimakasih...

    ReplyDelete
  13. Buku nikah saya salah cetak nama min dan kata banyak orang untuk benerin nama harus sidang di pengadilan agama . Apa itu benar min...? Apa gak ada cara lain? Mhon pnjelasan trimakasih...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Min klo mau benerin buku nikah gmna min...???soal y nama orng tua suami sy salah trs tnggl n bln akd nkh juga slh...gmna cara benerin y ya min...???mohon jwbn y min

      Delete
  14. Teman ku udah pisah 12 tahun .
    buku nikah ny udah di bawa sama mamtan istri nya terus dia ngurus di kepolisian meminta surat kehilangan sesudah itu dia ngurus ke KUA terus apakah diberi duplikat nikah nya cepat dan ngurus percerai an nya cepat mohon jawaban nya ? Makasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. kok mantan istri? apakah sudah bercerai? bila sudah diceraikan oleh suami, tinggal ambil putusannya saja (akta cerai) di PA. saat pengambilan akan diminta buku nikah yang asli. bila buku nikah yang asli hilang atau rusak harus dibuat duplikatnya.
      bila belum bercerai (dicerai) untuk proses pendataran gugatan perceraiannya butuh buku nikah asli atau duplikatnya.

      Delete
  15. Bagaimana apabila buku nikah saya hilang dan saya sekarang tinggal di kota yg berbeda dengan tempat pernikahan saya di daftarkan, apakah saya bisa mendapatkan duplikat nya di kua tempat domisili saya saat ini?

    ReplyDelete
    Replies
    1. pembuatan duplikat buku nikah yang hilang atau rusak hanya bisa dilakukan di KUA yang mencatat / mengeluarkan buku nikah pertama kali.

      Delete
  16. Min kalo buku nikah saya di maling sama bekas istri mau urus surat cerai jd nya susah karena dia kabur ngebabu di hongkong saya mau urus surat cerai jadi mesti buat duplikat surat nikah lagi,,, kita baik nya ngo ke kua nya bikin surat duplikat itu untk surat cerai

    ReplyDelete
    Replies
    1. buat duplikat buku nikah untuk keperluan gugatan perceraian di KUA yang mengeluarkan buku nikah. bila buku dianggap hilang maka perlu surat keterangan kehilangan dari kepolisian.

      Delete
  17. Kita klo ngo mau bikin surat cerai dapet buku nikah duplikat atau hanya selmbar kertas pernyataan resmi aja dr kua,,,

    ReplyDelete
  18. Min mau tanya, bisakah Nama dan Tgl lahir buku nikah dirubah? Soalnya Nama dan Tanggal d Ktp dan kk tdk sma dgn Nama dan tanggal dibuku nikah,, terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. perubahan biodata yang ada dalam buku nikah / akta nikah harus melalui putusan pengadilan. bila sudah ada putusan pengadilan maka KUA akan memberi catatan pada buku nikah terkait perubahan biodata tersebut

      Delete
  19. Saya telah kehilangan buku nikah,lalu saya mencari duplikatnya di KUA setempat tidak di temukan,padahal syarat-syaratnya sudah lengkap,namun di KUA tidak di temukan duplikatnya.
    Pertanyaan saya,bagaimana cara mendapatkan buku nikah itu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bila masih punya fotocopy buku nikahnya bisa ditunjukkan ke petugas KUA agar mudah menemukan Akta Nikah yang tersimpan di KUA. tentu saja di KUA tempat menikah dulu bukan KUA yang lain.
      bila ternyata data yang terdapat dalam buku nikah tidak tercatat (tidak ditemukan)di KUA yang tertulis di buku nikah, bisa jadi buku nikah anda PALSU / ASPAL (aseli tapi Palsu).

      Delete
  20. Klo mau ganti nama di buku nikah gimana min, istri om saya di buku nikah menggunakan nama kecil. jadi nama di ktp dan kk tidak sama dgn di buku nikah. Sementara ktp dan kk riau dulu nikah di jogja.
    Gimana ngurusnya min..
    Makasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. ajukan perubahan nama yang ada di Buku Nikah (disesuaikan dengan KTP) di Pengadilan Agama sesuai domisili. bila sudah keluar putusan perubahan nama dari PA selanjutnya hasil putusan dan buku nikah aseli dibawa ke KUA tempat dulu menikah (jogja) untuk ditambahkan keterangan perubahan namanya.

      Delete
  21. Buku nikah hilang dan tidak ada duplikatnya di kua tempat kami menikah, jika kami ingin bercerai bagaimana proses nya. Mohon jawabannya terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. untuk proses perceraian dibutuhkan buku nikah aseli, bila hilang harus dibuat duplikatnya di KUA tempat menikah dulu (yang mengeluarkan).
      bila data pernikahan tidak ditemukan di KUA tempat menikah sesuai yang ada di buku nikah, berarti buku nikah tersebut palsu.

      Delete
  22. Gimna klo nama n tgl lahir yg ada di buku nikah berbeda dengan yg ada di akta kelahiran n ijasah

    ReplyDelete
  23. Tolong dibantu ya mas/mba admin

    1.nama orang tua di buku nikah kurang satu huruf
    2.foto saya dan istri sudah tidak bisa dikenali(luntur)
    Mohon pencerahannya,apakah harus ke pengadilan agama?

    ReplyDelete
  24. Bersyukur menemukan artikel ini. Mohon maaf sebelumnya kalau merepotkan. Setelah menikah, baru akhir-akhir ini saya melihat isi buku nikah saya dan ternyata ada beberapa kesalahan. Penulisan alamat mempelai wanita ada yang salah, begitu pula di NIK wali nikah (untuk nama/NIK/tanggal lahir mempelai pria dan wanita benar, nama wali nikah dan bapak kedua mempelai juga benar). Selain itu, saya kurang tahu ini berpengaruh besar atau tidak, penulisan gelarnya salah, suami saya harusnya S.T. (Sarjana Teknik) tapi tertulis Ir.. Kira2 kalau seperti itu harus lewat pengadilan agama atau memakai duplikat buku nikah saja ya? Terima kasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. data selain nama, tempat dan tanggal lahir dan nama orang tua bila terjadi kekeliruan, tidak dirubah juga tidak mengapa karena datanya dinamis, sering berubah. dan ini tidak mempengaruhi legalitas buku nikah. terkait tambahan gelar di nama, saya sendiri memilih tidak mencantumkan karena gelar termasuk data yang mudah berubah.
      dalam kasus ibu dimana terdapat kesalahan penulisan gelar menurut saya, selama tidak ada masalah dalam mengurus administrasi yg berkaitan dengan buku nikah, tidak perlu dirubah tidak apa-apa. tetapi bila memang menghendaki untuk dirubah sebaiknya ke Pengadilan Agama karena data yang dirubah termasuk bagian nama.
      pembuatan duplikat, bila data di akta nikah KUA keliru, duplikatnya tetap akan keliru juga.

      Delete
  25. Maaf gimana kalo dari KUA TIDAK MAU mengeluarkan duplikat buku nikah.. Malah pihak dari Kua mengatakan bahwa tahun 2017 tidak mengeluarkan duplikat buku nikah.. Saran dari kaliannya gimana ya.. Soallnya mau mengurusi surat cerai buku nikah di bawa kabur sang istr.. Jadi yg diperlukan duplikat.. Duplikat orang KUA TIDAK MAU MENGELUARKAN

    ReplyDelete
    Replies
    1. syarat pembuatan buku nikah adalah buku nikah lama rusak atau hilang. bila buku nikah dibawa kabur isteri itu tidak termasuk kedalam dua syarat untuk bisa dibuat duplikat buku nikahnya, karena buku nikahnya masih ada hanya dibawa kabur istri. sehingga wajar KUA menolak membuatkan duplikat buku nikahnya.
      anda bisa saja membuat laporan ke Kepolisian terkait buku nikah tersebut. coba gunakan laporan ke kepolisian itu untuk mengurus duplikat buku nikah.

      Delete
  26. saya sedang membuat duplikat surat nikah di haruskan membayar 500rb ... tapi setelah 3 minggi bolakbalok ke kantor agama buku nikah tidak ada..itu gimana

    ReplyDelete
  27. Sudah mengurusi di kantor polisi... Tetepi dari pihak KUA mengatakan bahwa di tahun 2017 tidak mengeluArkan duplikat... Istri kabur sudah selama 2 tahun.. Saya mau mengurusi surat cerai tidak bisa karna slma 2 tahun dia kabur tak berkabar.. Saran dari anda gimana ya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. tidak ada regulasi yang melarang untuk membuat duplikat buku nikah pada tahun 2017 selama syarat pembuatan duplikat terpenuhi yaitu buku hilang atau rusak.
      Bila ada layanan KUA yang mengecewakan anda silahkan diadukan ke kemenag melalui link berikut : http://simkah.kemenag.go.id/dumaskua/

      Delete
  28. Klu buat buku nikah baru kena biyaya tidak ya.mksh atas penjelasan y.

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau yang dimaksud buku nikah baru adalah duplikat tentu tidak ada biayanya, bila dimintai biaya itu dipastikan adalah pungli.

      Delete
  29. Saya ingin membuat duplikat buku nikah tapi di minta uang 300.000rupiah...dengan dalih blanko buku nikahnya harus di diambil dijakarta... Uang itu hanya untuk penggantian ongkos mengambila blanko buku nikah di jakarta... Apa ini pungli lagi? Saya berdomisili di bandung tepatnya di kecamatan buah batu bandung

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semua layanan KUA GRATIS kecuali nikah di luar kantor atau diluar hari kerja dan jam kerja, sebesar Rp.600.000,-
      bila ada pungutan oleh petugas KUA di KUA (bila di luar kantor bisa jadi dilakukan oleh modin atau biro jasa, mereka tidak termasuk pegawi KUA) lebih dari itu atau selain untuk keperluan itu, aadalah pungli. silahkan melapor ke kementerian agama melalui link berikut :
      http://simkah.kemenag.go.id/dumaskua/

      Delete
  30. Saya menikah tanggal 26/08/2017 dan dalam penulisan wali dan nama saya salah, bisakah saya mengurus buku nikah baru

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sebelum menikah pastinya sudah dilakukan pemeriksaan berkas dan persyaratan nikah, kesalahan tidak akan terjadi bila sebelumnya, telah dilakukan crosscheck data dengan kedua mempelai dan wali nikah. bila kesalahan penulisan berasal dari KUA yang kurang teliti atau teledor, mestinya KUA siap memperbaiki buku nikah yang keliru tadi dengan buku nikah yang baru.

      Delete
  31. Selamat Sore Min,saya ingin konsultasi.Dulu saya dan istri menikah di KUA Jagakarsa pada tanggal 02 Mei 2010 seminggu kemudian saya kembali ke tempat tersebut untuk mengambil buku nikah,setelah beberapa tahun saya baru menyadari ternyata buku nikah yang saya terima diterbitkan oleh KUA Tamansari bukan oleh KUA Jagakarsa,isi buku nikah sesuai dengan identitas saya tetapi pada tanggal pernikahan terdapat perbedaan.Mohon sarannya ya!!!!

    ReplyDelete
    Replies
    1. sebaiknya anda konfirmasi ke KUA Tamansari terkait buku Nikah yang dikeluarkannya. Terutama pada adanya perbedaan tanggal penikahan, agar tidak menimbulkan permasalahan di kemudian hari

      Delete
  32. Min kalo di buku nikah pengen nambah gelar gimna ?
    Pas nikah itu udah ada gelar tapi ga di cantumin . Pas mau bikin kk pengen ada gelar nya tuh min ..
    Mohon infonya ..

    ReplyDelete
    Replies
    1. gelar tidak termasuk nama. kalau ingin menambahkan gelar pada kolom nama, harus melalui putusan pengadilan

      Delete
  33. Min mau nanyak bisa ga klw saya mau ganti buku nikah memakai bahasa inggris,soal nya suami sy WNA.jd negaranya minta akta nikah dgn berbahasa inggris.tp sy menikah d medan,sedangkan sy skrg tinggal d P.BINTAN.apakah tdk bisa d buat d tmpt tggal sy sekarang min.mohon pencerahannya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau buku nikah seri terbaru selain bahasa indonesia sudah ada bahasa inggrisnya. misal Nama / Full Name, Bin / Son of, Tempat dan tanggal lahir / Place and date of birth, dll. jadi tidak perlu ganti. kalau buku nikah lama yang mungkin belum ada bahasa inggrisnya bila ingin mendapat buku nikah yang sudah ada bahasa inggrisnya ganti saja dengan duplikat buku nikah terbaru. tapi tentu harus memenuhi syarat penerbitan duplikat buku nikah yaitu : Hilang atau Rusak

      Delete
  34. min apa di duplikat buku nikah harus ada tanda tangan suami

    ReplyDelete
    Replies
    1. tanda tangan suami di buku nikah hanya ada pada halaman sighat ta'lik. tanpa ditandatangani suami asal sudah ditanda-tangani oleh kepala KUA tentu buku nikah tersebut sudah sah

      Delete
  35. min minta maaf minta saranny,sya mau tanya karna saya masih diluar.sya mau ganti nama dan tggl lahir disurat nikah dengan nama asli karna dulu sya guna nama pasport,apa saja syarat yang diperlukan.kalau saya guna jasa orang lain bisakah.?saya tidak mau crita panjang tidak mau buat mimin pusing.trima kasih atas jawabany

    ReplyDelete
    Replies
    1. penggantian identitas yang ada dalam akta nikah, termasuk didalamnya buku nikah harus melalui putusan pengadilan. untuk kasus anda, bagaimana bisa mendapatkan putusan pengadilan itu yang perlu anda cari tahu informasinya lebih lanjut. kemungkinan bisa dengan surat kuasa kepada pengacara atau orang lain yang ditunjuk.

      Delete
  36. Min minta infonya bisa gak buat kartu keluarga kalo orang tua saya salah satunya sudah meninggal buku nikahnya kebakar terus minta duplikatnya di KUA

    ReplyDelete
    Replies
    1. meskipun sudah meninggal, bila buku nikah rusak tentu bisa dibuatkan duplikatnya. silahkan berhubungan dengan KUA yang mengeluarkan buku nikahnya.

      Delete
  37. selamat sore. suami sy wna dan kami menikah di Indonesia (KUA), pada saat kami menikah kewarganegaraan suami sy adalah Singapore, saat ini suami sy baru saja pindah kewarganegaraan menjadi warga negara Australia. Yang ingin sy tanyakan bagaimana cara merubah data suami sy di buku nikah krn pd buku nikah tertulis warga negara singapore dgn nomor indentitas singapore. Apakah kami harus mengajukan perubahan data tersebut ke pengadilan agama atau bisa langsung ke KUA setempat. Terimakasih

    ReplyDelete
  38. selamat sore. suami sy wna dan kami menikah di Indonesia (KUA), pada saat kami menikah kewarganegaraan suami sy adalah Singapore, saat ini suami sy baru saja pindah kewarganegaraan menjadi warga negara Australia. Yang ingin sy tanyakan bagaimana cara merubah data suami sy di buku nikah krn pd buku nikah tertulis warga negara singapore dgn nomor indentitas singapore. Apakah kami harus mengajukan perubahan data tersebut ke pengadilan agama atau bisa langsung ke KUA setempat. Terimakasih

    ReplyDelete
  39. Selamat malam. Maaf mengganggu. Orang tua saya menikah tahun 1994, kira -kira berkasnya masih ada di kua tidak.?

    ReplyDelete
    Replies
    1. insya Allah masih ada, silahkan kontak ke KUA yang melaksanakan. asal tidak terkena bencana alam berkas-berkas pernikahan masih tersimpan di KUA

      Delete
  40. Sy ingin ajukan gugatan cerai tetapi buku nikah nya di bawa olen mantan suami dan tdk mau mengembalikan krna memang ingin mempersulit sy, dia hnya kasih surat talak di atas materai tetapi tdk mau urus ke PA. Jika sy ingin mnta duplikat dari KUA setempat tapi tdk ada foto copy nya dan tdk tau jg nmr akta nikahnya itu bagaimana ya..
    Terima kasih

    ReplyDelete
  41. Selamat sore.. mohon pencerahannya sy mau buat akta kelahiran umur sy sdh 39 thn. Proses demi prose ternganjal dengan surat nikah org tua. Karena sdh tidak ada/hilang. Ortu sy nikah thn 16/6/1974. Dan ternyata di KUA katanya arsip yg thn 74 hilang.ketlisut lah.. dan tidak mau membuatkan duplikat.. sy disuruh ke PN untuk mengajukan sidang isbat. Prosesnya lama. Pdhl sy butuh akta kelahiran untuk daftar pamong yg segera digelar.. pdhl itu data kan yg menghilangkan dari KUA masah kita yg jadi ribet.. data di klurahan ada sdh tunjukkan. Mohon pencerahannya.. apakah prosesnya hrs seperti itu...? Trmksh.

    ReplyDelete
    Replies
    1. prosedur KUA seperti itu, bila data tidak diketemukan baik karena belum tercatat atau berkas hilang (akibat bencana alam misalnya), selama tidak diketemukan data lain yang menerangkan bila pernikahan itu tercatat (anda membawa fotocopy buku nikah) maka KUA akan meminta ke Pengadilan Agama untuk menetapkan (Itsbat ) pernikahan tersebut.

      Delete
  42. Saya tidak bisa bikin KK&akta lahir anak saya,karna nama istri di kependudukan sama di akta nikah bedaa 2hurup. Saya harus gimana? Bingung saya uudahh habis 300rbu tpi gg beres

    ReplyDelete
  43. Mass mau tanya katanya 2017 buku duplikat buku nikah g dikeluarin lagii sdgkan buku nikah saya hilang.. sedangkan buat akte kelahiran anak haruss ada ligalisir buku nikah dan saya kan mau keluar negeri harus ada buku nikah asli lalu gimna itu mas ??? Mohon dikasih solusii nyaaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. itu informasi yang tidak benar. silahkan kontak ke KUA setempat atau ke Kantor Kemenag Kabupaten setempat

      Delete
  44. Maaf..Istri saya kabur dr rumah terus tak d duga istri saya menggugat cerai..???
    Apakah bikin duplikat akte nikah dengan laporan kehilangan kepolisian.tp buku nikah yg asli masih ada..mungkin istri saya malu untuk mengambil nya
    Tolong penjelasan nya..??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Apakah itu d katakan dengan laporan palsu..??

      Delete
    2. anda bisa minta keterangan di KUA tempat anda menikah, karena bila pernah dibuatkan duplikat buku nikahnya akan ada catatan dalam akta nikahnya.

      Delete
  45. Awalnya sy ingin mengurus pembuatan akte anak sy yang baru lahir,trus sy di minta foto copy buku nikah suami istri,ternyata berkas anak sy di kembalikan krn buku kami tida terdapat no buku nikah alias kosong,lalu sy mencoba urus ke KUA asal terbitnya buku nikah kami me minta no yang di maksud,Kebetulan buku nikah kami jg rusak pernah kebasahan pas banjir,kami herniated sekalian aja mau duplikat,tdk disangka kami di minta uang 800rb,Padahal yg kami dapat informasinya klo urus buku nikah rusak adalah gratis,lalu kami urung menduplikat buku nikah Karena bagi kami uang segitu besar sekali klopun kami punya lebih baik untuk keperluan yang lebih penting,akhirnya kami minta no nya saja di Isi,tp ternyata nanya Satu buku nikah saja yang bisa dgn Alasan yang tidak masuk akal,Padahal no yang harus nya Ada di buku nikah itu seharusnya sdh di cantumkan pas di berikan pada kami dulu waktu nikah,berarti klo no itu tdk Ada bukan kesalahan kami donk,benar2 sy tdk faham,mohon pencerahannya terimakasih

    ReplyDelete
  46. Misi min
    Td orang tuwa saya dr kantor imigrasi ngurus paspor.ada maslah di buku nikah ...jaman dulu pas lg nikah g ada tanggal lahir nya cuma di catat umur saja.sMa orang tua udah lama di tulis sendiri tgl dn th ny...al hasil di kantor imigrasi di anggap tidak sah...katnya harus minta duplikat buku nikah....apa nnti nya juga sidang dulu /tidak ?gimana cara/ proses dan langkah untuk buat duplikat terimaksih...

    ReplyDelete
    Replies
    1. tidak sidang, KUA akan membuatkan duplikat sesuai dengan data yang ada di KUA (tidak ada tanggal lahir). terkait urusan imigrasi yang membutuhkan data tanggal lahir, silahkan membuat surat keterangan beda data di Kelurahan setempat (beda antara ktp dengan buku nikah) nanti diketahui oleh KUA yang mengeluarkan buku nikahnya.

      Delete
  47. Numpang tanya pa, saya perlu foto cofylegalisir buku nikah, untuk keperluan administrasi pengadilan agama untuk keperluan hak perwalian anak persyaratan dari bpjs ketanakerjaan,tapi buku nikahnya yang asli udah ga ada ditarik sama kua... Soalnya saya udah nikah lagi, pertanyaan apakah saya masih bisa melegalisasi fotocofy surat nikah di kua tempat saya menikah dulu...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Silahkan ke kua tempat menikah dulu, nanti akan dibuatkan surat keterangan pernah menikah sebagai pengganti buku nikah yg sudah ditarik.

      Delete
  48. Buku nikah saya hilang,sy mau mengurus untuk pembuatan duplikat.tapj sy barusan melapor ke kantor polisi tdk bisa membuatkan surat keterangan kehilangan nya karena tidak ada no buku nikah nya,malah saya di sarankan langsung datang ke kua nya,mohon penjelasannya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Surat kehilangan harus menunjukkan apa yang hilang? Klo yg hilang buku nikah, nomor berapa buku nikahnya, kapan nikahnya harus ada, kalau tidak ada polisi tentu tidak mau membuat surat kehilangan. Klo anda tidak hafal dan tidak punya foto kopiannya, anda harus cari dulu di kua nomor dan tanggalnya baru ke kepolisian.

      Delete
  49. Assalamualaikum.wr.wb
    Singkat cerita sya kena musibah kbakaran pada hari minggu 21 mei 2017. Semua hbis g ada sisa.
    Termasuk buku nikah yg pnya istri g ada sisa yg hijau pnya sya sdikit ada sisa, wajtu sya ke kua daerah kec. mauk kab. tangerang. Untuk cetak duplikat nya. Sya dimintain biaya 800rb. Ktna posisi sya hbis kena musibah, sya akhirnya kembali plang. Krna bingung.

    Sebenernya cetak duplikat buku nikah bayar tidak? Makasih

    Wassalamualaikum. Wr.wb

    ReplyDelete
  50. Assalamualaykum selamat siang, saya ingin bertanya:

    Saya akan melangsungkan pernikahan dan membutuhkan wali, sedangkan ayah saya sudah meninggal dan keluarga dari pihak ayah membutuhkan bukti-bukti yang menyatakan kalau saya anak dari ayah saya. Saya sudah menunjukkan akta kelahiran saya dan keterangan keabsahan dari akta saya. Mereka meminta bukti nikah tetapi ibu saya sudah tidak punya buku nikah. Apakah bisa meminta keterangan dari KUA terkait mengenai keterangan pernikahan orang tua saya?

    Terima kasih.. wassalamu'alaykum..

    ReplyDelete
  51. Min saya nikah pakai KTP tembak Di BATAM, pas saya uda buat KTP dan KK baru, no NIK nya berbeda.Jadi sy mau tnya.sy ngurus passport di MEDAN,apakah saya bisa meminta surat keterangan dari KUA medan menerangkan bawah NIK saya yg bener adalah yg sesuai dengan KTP sy skrng????? Untuk berkas pembuatan Passport??
    Trimah kasih

    ReplyDelete
  52. Maaf mau tanya.. kalau yang hilang cuma buku nikah suami sedangkan buku nikah istri ada.
    apakah kira2 ada infomasi atau pengalaman KUA mau menerbitkan duplikat surat nikah yang baru ya untuk keduanya dengan asumsi surat nikah istri ditarik..
    saya soalnya butuh dua duanya buat kepengurusan berkas visa menetap sementara dibelanda (MVV).

    Saya sebenarnya sudah tanya dan proses ke KUA buat masalah sy. Setelah berproses, saya dibuatkan 1 lembar pengganti buat suami tapi bahasa indonesia dan bukan berbentuk buku.

    Apakah ada yang faham mengenai peraturan penggantian surat nikah kalau hilang satu bolehkan pengajuan duplikat dua duanya (suami dan istri) dengan yang masih tidak hilang ditarik?

    Minta tolong kalau ada yang tahu soalnya buat kepengurusan visa tingga sementara ini (mvv) saya butuh melagalisir suratnya ke kementrian agam, kementrian hukum dan hak asasi manusia, dan kedutaan belanda.
    Dan kabarnya kementrian tidak mau melegalisir yang berbentuk lembaran ini.:'(

    ReplyDelete
  53. Buku nikah saya dari awal di simpan mertua, saya ingin proses cerai tapi buku nikah di tahan sama suami, apakah bisa gugat cerai dengan foto copy buku nikah, prosesnya bagaimana yah....

    ReplyDelete
  54. Selamat siang. Saya non muslim. Saya mau ajukan gugatan cerai. Tetapi akta nikah dan kartu keluarga asli ada di istri saya. Copy nya saya tidak ada. Bagaimana solusi nya min??? Terima kasih.

    ReplyDelete
  55. Bisakah kita mencari duplikat buku nikahnya dimanapun kua, maksutnya bukan di kua tempat pernikahannya dulu.umpama sya nikah dikalimantan tapi saya carinya di kua jawatengah.apakah bisa apa tidak ya pak?

    ReplyDelete
  56. Gimana gan saya mau benerin no nik saya pada buku nikah saya ,masalah nya KTP saya tersebut tidak terdaftar ,dan saya mau mencantumkan KTP lama saya ... Solusi nya gimana ??

    ReplyDelete
  57. Bagaimana cara ganti surat nama di surat nikah saya di dalam surat nikah nama suami saya nama islam ny berhubung suami saya mualaf. Sedangkan nama di ktp ny nama asli sebelum mualaf. Sekarang susah jadinya mau bikin akte anak saya. Mohon bantuan nya

    ReplyDelete
  58. Min saya mau bikin duplikat buku nikah tpi pak naib y mnta 600 rbu saya merasa keberatan dg biaya segitu solusi y gmna yh???

    ReplyDelete
  59. Asslamualaikum min..ane mau bikin duplikat buku nikah di kua duren sawit jakarta timur apakah ada biaya admin?kisaran berapa ya?

    ReplyDelete
  60. assalammualaikum min , saya mau nanya jika buku nikah hilang 1 itu pengurusan nya gmn ?

    ReplyDelete
  61. Mau nanya gan klu misal nya gak punya foto istri nya kyk apa ya. Alx ada sepupu sya mau cerai. Buku nikah nya ditahan sma istri nya. Bikin duplikat hrs pakek foto. Fan foto istri nya gak ada. Gimana ya solusi nya??

    ReplyDelete
  62. Assalamualaikum..Admin..apakah saya harus nikah ulang krn tahun 2002 saya punya buku nikah tapi NAMA SUAMI saya itu pake nama orang lain dan Nama bpk orang tua suami juga bukan nama bapak suami saya gimana cara mengatasi masalah ini krn sekarang saya mau ngurusin akte nikah ketiga anak saya harus atas nama bpk kandung sendiri alias suami saya bukan pake nama suami orang lain..mohon di beri penjelasan trmskh....!!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maaf saya barusan aja minta duplikat buku nikah di mintain uang 1jt, itu gimana yah, mohon pencerahanya

      Delete