Panduan Penggunaan Aplikasi PNBP NR Kemenag

Aplikasi PNBP Kemenag adalah Aplikasi pengelolaan PNBP NR Kemenag berbasis web pada Direktorat Jenderal Bimbingan Masyarakat Islam Kementerian Agama Republik Indonesia.

Penjelasan mengenai aplikasi ini terdapat pada ilustrasi di bawah ini :


Untuk menjalankan  aplikasi ini bisa dibuka di url ebi.kemenag.go.id/nr
 akan terbuka halaman login sperti gambar di bawah ini :


Masukkan username dan password yang sudah diberikan/dibuat untuk masing-masing KUA.
Setelah berhasil login, akan tampak tampilan dashboard seperti gambar berikut :



Operator KUA tidak perlu lagi melakukan pengaturan aplikasi, karena sudah tinggal menggunakan saja. Untuk memasukkan data,klik pada menu Data, pilih 
  1. Update PNBP : untuk melakukan pembukuan atas PNBP NR yang sudah di setor melalui aplikasi simponi milik Kementrian Keuangan.
  2.  Pengembalian PNBP : untuk input data PNBP NR yang minta dikembalikan akibat salah setor atau sebab lain.
  3. Rekam NDK : untuk memasukkan peristiwa nikah dalam kantor. dimasukkan tanggal dan jumlah nikah dalam kantor yang dilaksanakan pada tanggal tersebut.
  4. Bencana/miskin : memasukkan peritiwa nikah yang termasuk kategori dalam keadaan Bencana atau Miskin.
Petunjuk penggunaan masing-masing menu :

Update PNBP
Setelah klik menu Data->Update PNBP akan muncul jendela baru yang berisi Data PNBP masing-masing satker, Data PNBP Simfoni dan Update PNBP.

Data PNBP Masing-masing satker
Berisi data setoran PNBP NR yang sudah dibukukan (sudah diberi tanggal peristiwa).

Data PNBP Simfoni
Data setoran PNBP NR yang berasal dari aplikasi simponi milik kementerian Keuangan. Data ini inilah yang akan diolah untuk dibukukan di masing-masing KUA.
Data yang muncul diambil dari simfoni yang diupdate secara berkala oleh admin PNBP. Bila data NTPN yang dicari tidak muncul ada 2 sebab :
  1. Data PNBP Simponi belum diupdate oleh admin pusat.
  2. Data sudah dibukukan, masuk dalam Aplikasi PNBP masing-masing KUA. Untuk memastikan datanya bisa dicek di data PNBP masing-masing satker.

Rekam NDK (Nikah dalam Kantor)
Menu ini digunakan untuk memasukkan data nikah kantor yang ada di masing-masing KUA.

Bencana/Miskin
Menu ini untuk memasukkan Peristiwa nikah yang masuk kategori Bencana.miskin

Cara melakukan Input data PNBP NR :
Buka menu Data ===>> Update PNBP
Scroll ke bawah, ke tabel PNBP Simfoni yang ada tanda (keterangan) Belum dibukukan.

Sebelum melakukan pembukuan, persiapkan data setoran PNBP NR pada KUA anda sebagai kontrol pembukuan. Data setoran PNBP NR bisa diperoleh dari Report yang dihasilkan oleh aplikasi simponi milik kementerian keuangan yang sudah kita beri keterangan kapan tanggal peristiwa nikahnya. Data inilah yang menjadi dasar kita untuk menginput setoran PNBP NR ke Aplikasi PNBP Kemenag.

Untuk melakukan pembukuan, carilah kode NTPN setoran yang akan dibukukan pada kolom pencarian. Selanjutnya, bila data sudah muncul klik tombol ubah pada kolom aksi. akan muncul Form Update PNBP

Pastikan nama KUA adalah KUA anda, selanjutnya tinggal memasukkan tanggal peristiwa untuk setoran dengan NTPN tersebut. kemudian simpan. Satu data sudah tersimpan, selanjutnya lakukan cara yang sama untuk memasukkan data yang laian, yaitu dengan melakukan pencarian data PNBP simfoni sesuai kode NTPN lalu klik tombol ubah, dan seterusnya hingga semua setoran yang ada dalam daftar laporan PNBP yang dicetak dari simponi sudah masuk semuanya.

Data PNBP simfoni yang sudah kita ubah (diberi tanggal peristiwa) akan tersimpan dalam tabel Data PNBP masing-masing satker. Data ini bisa kita cetak dengan menekan tombol Excel di ujung kanan atas tabel.

Data PNBP masing-masing satker (sudah dibukukan), akan tampak seperti gambar berikut :

Data PNBP Masing-masing satker (KUA)


Petunjuk cara penggunaannya dapat juga disimak pada video berikut :



0 Komentar untuk "Panduan Penggunaan Aplikasi PNBP NR Kemenag"

Back To Top