Cara mendapatkan kartu nikah digital

Dalam rilis berita yang dimuat di laman kemenag.go.id, disebutkan bahwa Kementerian Agama dalam waktu dekat ini akan meluncurkan Kartu Nikah Digital. Rencana peluncurannya bersamaan dengan kick off Program Revitalisasi KUA yang dilaksanakan di KUA Banjarnegara, sesuai rencana yaitu tanggal 28 Mei 2021 mendatang.

Direktur Bina KUA dan Keluarga Sakinah, Muharam Marzuki menyebutkan ada beberapa keunggulan Kartu Nikah Digital ini, antara lain :

  • Kecepatan akses data diri (data pernikahan).
  • Kemudahan pengecekan keabsahan pernikahan.
  • Sebagai upaya menghindari pemalsuan dokumen pernikahan.

Kartu Nikah Digital bisa dimiliki oleh siapa saja yang data pernikahannya sudah terdaftar dalam Sistem Informasi Manajemen Nikah (SIMKAH). Sebagai tanda bahwa penikahannya sudah terdaftar adalah adaya QRcode yang terdapat pada buku nikahnya. Letak QRCode berada pada halaman mas kawin, sebelah kiri tanda tangan kepala KUA dan Stempel KUA.

Buku Nikah dengan QRCode

Bagaimana cara mendapatkan Kartu Nikah Digital?

Untuk mendapatkan Kartu Nikah Digital, scan QRcode yang ada pada buku nikah dengan Aplikasi pembaca QRcode. Buka datanya pada browser. Akan terbuka data pernikahan sesuai dengan data yang ada pada buku nikah tersebut.

Geser ke bagian bawah halaman hingga muncul menu download Kartu Nikah

Menu download Kartu Nikah Digital

 Klik pada menu Download Kartu Nikah Digital hingga datanya terunduh. Buka file kartu nikah.pdf dan simpan baik-baik kartu nikah digital anda tersebut.

Kartu Nikah Digital

 

0 Komentar untuk "Cara mendapatkan kartu nikah digital"

Back To Top